Wednesday, July 26, 2017

fakta ampas kopi

Benarkah ampas kopi bermanfaat untuk masker wajah?

fakta ampas kopi dan kegunaan bagi lingkungan

Mari kita coba bedah beberapa fakta ampas kopi yang mana menurut beberapa orang masih bisa kita manfaatkan untuk tubuh kita, kalau benar adanya sayang donk kalau ampas kopi yang kita minum terbuang percuma.

Ampas kopi bermanfaat besar untuk banyak hal, mulai dari untuk memasak, membersihkan hingga untuk berkebun. Setelah tahu faktanya anda tak akan lagi menganggap ampas kopi sebagai suatu yang hanya layak untuk masuk ke tong sampah.

serba serbi manfaat bubuk kopi

Berikut 7 fakta memanfaatkan ampas kopi yang sudah kita minum


1. Membersihkan perabotan masak

Bubuk kopi kasar dapat digunakan sebagai abu gosok peralatan memasak yang berminyak. Letakkan bubuk kopi pada kain bekas, lalu gosokkan ke pemanggang, panci, dan wajan. Kopi juga dapat mengurangi kotoran yang susah hilang.

2. Sebagai pupuk kompos

Jika Anda punya simpanan kompos, tambahkan ampas kopi untuk membantu menambah kesuburan tanah bagi tanaman Anda. Cacing menyukai kopi. Mereka akan mengurai kopi basi Anda dengan senang, lalu mengubahnya jadi emas hitam dengan menelannya dan memproduksi bahan kaya nutrisi.

Mencampur bubuk kopi langsung ke tanah membantu tanaman mendapat elemen penting, seperti fosfor dan potasium tanpa menggunakan pupuk kimia. Pastikan untuk lebih dulu membilas bubuk kopi untuk mengurangi keasamannya atau menambahkannya ke kompos terlebih dahulu sebelum mencampurnya dengan media tanah.

3. Menghilangkan bau bawang pada tangan

Bau bawang merah dan bawang putih sulit hilang dari tangan. Jika Anda kesulitan membersihkan tangan dari bau yang mengganggu ini, gosoklah tangan dengan bubuk kopi ketika selesai memotong.

4. Menghilangkan bau tak sedap pada kulkas.

Sama seperti kopi dapat menghilangkan bau membandel dari tangan, kopi juga dapat menghilangkan bau dari kulkas. Keringkan ampas kopi letakkan dalam mangkuk simpan di dalam kulkas, dan ucapkan selamat tinggal pada bau-bau aneh di dalam kulkas.

5. Menghilangkan goresan di perabot kayu

Warna kopi yang pekat dengan sempurna menghilangkan goresan di meja, kursi atau perabot bahan kayu. Biarkan bubuk kopi selama 10 menit di bagian yang ada goresan, lalu gosok dengan kain usang agar tampak lebih cemerlang.

Demikian sekilas uraian tentang manfaat ampas sisa kopi yang masih bisa kita manfaatkan sehingga ampasnya tidak tersia-siakan.

Start typing and press Enter to search